Segerahlah Untuk Mengadopsi Free/Open Source Software … .

Mei 16, 2008 pukul 4:41 am | Ditulis dalam IGOSSUMMIT2 | 1 Komentar

Negara yang maju adalah Negara yang mau menghargai karya orang lain/karya anak Bangsa. Kita sebagai penerus Bangsa diharapkan di dalam mengisi kemerdekaan ini dibuktikan salah satunya dengan cara menunjukkan komitmen untuk segera mengadopsi Free/Open Source Software (FOSS).

“7 Alasan Mengapa Indonesia Harus Mengadopsi Free/Open Source Software (FOSS)”

  1. Negara Indonesia adalah Negara beragama apapun agama dan kepercayaan yang kita anut pasti mengajarkan hal-hal yang baik tidak boleh bertentangan dengan norma-norma agama. Dengan keputusan kita untuk segera mengadopsi Free/Open Source Software (FOSS) berarti kita juga telah menjalankan perintah agama yaitu salah satunya tidak boleh mencuri/membajak dan harus menghargai karya orang lain.
  2. Negara Indonesia adalah Negara Hukum dimana kita mempunyai tatanan kehidupan yang di atur dengan Undang-Undang. Maka Pemerintah dan DPR telah membuat undang-undang untuk menghargai pentingnya Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dalam teknologi informasi dan komunikasi. Pelanggaran terhadap hak cipta dapat diancam oleh Pasal 72 UU Hak Cipta No. 19 Tahun 2002 di BAB XIII (KETENTUAN PIDANA). Software dari Microsoft bersifat proprietary software jadi kalau kita memakai bajakan secara otomatis kita melanggar undang-undang HAKI yang sudah kita buat sendiri. Jangan sampai ada istilah pandai berteori tapi miskin implementasi artinya kita bisa membuat Undang-Undang HAKI tapi kita sendirilah yang melanggarnya. Maka kita harus segera untuk mengadopsi Free/Open Source Software sebab open source memiliki prinsip kalau software yang digunakan bersifat free dan dapat dimodifikasi oleh siapa saja tanpa perlu mengeluarkan biaya.
  3. Dengan memakai Free/Open Source Software berarti kita dapat menghemat DEVISI NEGARA yaitu biaya pengeluaran untuk lisensi. Coba kita diam sejenak sambil membayangkan kalau masyarakat dan pemerintah memakai program proprietary software secara menyeluruh untuk semua lini, berapa banyak biaya yang akan kita keluarkan hanya untuk membeli softwarenya saja. Rakyat Indonesia ada 200 juta jiwa bila 40% memiliki PC Komputer dan harus di instal software saya sudah tidak bisa membayangkan berapa devisi negara kita akan diambil oleh penyedia program proprietary. Bila kita memakai program microsoft kita harus membeli operating system (OS) sudah kurang lebih 1,5 juta, belum program aplikasinya misalnya microsoft office sekitar 1 juta, Adobe photoshop 1,5 juta dan masih banyak lagi, satu (1) CD hanya untuk satu PC Komputer tidak bisa untuk di install dibanyak komputer. Sedangkan bila kita memakai Free/Open Source Software sekali install sudah komplet semua termasuk program pendukungnya misal OpenOffice, GIMP, Inkscape, Scribus dan sebagainya.
  4. Dengan mengadaposi Free/Open Source Software berarti ini dapat meningkatkan kemampuan mutu SDM dibidang TIK. Pemikiran saya seperti ini, kita semua tahu bahwa program open source itu artinya tersedianya kode sumber program (source code) sehingga dapat dipelajari sistem cara kerjanya. Ini memungkinkan kita untuk menciptakan sendiri program-program lokal sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Sedangkan bila kita tetap memakai progam proprietary atau closed source kita tidak akan mungkin untuk menjadi pencipta tetapi selamanya kita hanya akan memakai program itu. Kita akan tergantung terus atau dimonopoli sama pada vendor penyedia program tersebut. Sebagai anak-anak bangsa kita kalau hanya menyusui terus tidak pernah tahu dari mana susu itu berasal atau dibuat maka kita tidak akan pernah untuk ditantang, berkreasi sehingga SDM kita hanya begitu-begitu saja.
  5. Dengan mengadopsi Free/Open Source Software berarti kita akan menjadi Negara yang mau berubah dari pengguna menjadi pencipta/pembuat software, jadi ini akan sangat mengurangi ketergantungan vendor-vendor di bidang TIK. Kita mengetahui bahwa program open source itu merupakan software berlisensi tetapi dapat digandakan dan digunakan secara bebas tanpa harus membayar lisensi dan kita tidak melanggar Hak Cipta lho…
  6. Dengan mengadopsi Free/Open Source Software kita akan dapat meningkatkan keamanan nasional dan keamanan organisasi pengguna TIK di Indonesia. Program bajakan yang masih banyak dipakai oleh masyarakat luas itu rawan adanya virus. Jujur saja bahwa virus yang diciptakan sekarang ini memang sebenarnya untuk program Windows, sedangkan bila kita memakai program Free/Open Source Software akan lebih aman dari serangan virus, sebab program ini mempunyai sekuriti yang kuat secara berlapis-lapis jadi virus tidak akan bisa untuk berkembang. Saya menghimbau kepada para pengguna TIK untuk segera mengadopsi Free/Open Source Software biar data-data kita aman dari serangan virus. Setres lho menghadapi virus belum ketemu anti virusnya sudah muncul virus baru.
  7. Dengan mengadopsi Free/Open Source Software akan dapat meningkatkankemampuan untuk berkompetisi secara global di bidang TIK. Maksudnya seperti ini dengan program source code yang terbuka memungkinkan anak-anak bangsa kita mudah untuk mempelajarinya dengan kemampuan dan kecerdasan yang kita miliki. Kita semua tahu bahwa para pelajar kita sering menjadi pemenang olimpiade Matematika, Fisika dll ini menunjukkan bahwa SDM di Negara Indonesia ini sangat berkualitas. Untuk itu saya sangat yakin bahwa suatu saat nanti bila hari ini kita sudah berani mengadopsi Free/Open Source Software kita akan bisa bersaing dibidang teknologi dan informasi dengan negara-negara maju seperti Amerika, Jerman, Jepang dan Cina.

Ayo segera pilih dan pakai program Free/Open Source Software … .

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. postingan artikel ini sudah dibaca oleh saya. semoga sukses…🙂

    -dbu-
    [www.donnybu.com]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: