Kemandirian Bangsa adalah Pilihanku

Mei 14, 2008 pukul 3:19 am | Ditulis dalam IGOSSUMMIT2 | Tinggalkan komentar

“FREE/OPEN SOURCE SOFTWARE (FOSS) UNTUK KEMANDIRIAN BANGSA”

Bangsa yang menguasai dunia adalah yang menguasai teknologi, pencipta teknologi, penyerap teknologi dan pengguna teknologi, bisa diartikan juga yaitu Bangsa yang maju adalah Bangsa yang menjadi PRODUSEN TEKNOLOGI BUKAN HANYA KONSUMEN TEKNOLOGI

Kalau kita sudah mau memakai program open source software berarti kita sudah mulai masuk ke alam puncak kemandirian bangsa.

Kalau ada pertanyaan sudahkah Bangsa Indonesia ini MERDEKA jawabnya bisa SUDAH, bisa BELUM tergantung kita melihatnya. Kalau kita menjawab sudah itu juga benar sebab Negara Indonesia sudah merdeka dari para penjajah, rakyat Indonesia sudah tidak perlu angkat senjata lagi. Kita tinggal mengisi kemerdekaan dengan berkarya sesuai dengan keahlian di semua lini bidang kehidupan. Bila kita menjawab belum itu juga sangat benar, jujur bahwa Bangsa Indonesia sudah merdeka selama hampir 63 tahun, namun dalam bidang teknologi khususnya software komputer kita masih TERJAJAH, berarti kita belum bisa mengisi kemerdekaan ini dengan benar. Ada sebuah perenungan saya seperti ini, bila anak-anak didik kita di sekolah baik di jenjang TK-SD-SMP-SMA dan Perguruan Tinggi masih diajarkan software yang bukan open source tetapi software yang tertutup bisakan anak didik kita ini menjadi anak-anak bangsa yang kreatif bisa menciptakan software sendiri sesuai keinginan kita? Tanpa harus tergantung pada Negara tertentu dan kita tidak harus minta izin sama pihak lain.

Saat kuliah kita pernah mendapat pelajaran mengenai Kemandirian Bangsa, kita harus menjadi Negara yang mandiri bila kita mau dihargai oleh Negara lain. Membangun kemandirian bangsa tentu tidak bisa dilepaskan dari membangun karakter bangsa. Hanya bangsa yang berkarakter yang akan maju dan bersaing dengan negara lain. Kita selama ini kita dihinggapi oleh mental budak. Jujur kita pernah di jajah Belanda kurang lebih 350 tahun disitulah kita hanya diajarin hanya untuk menjadi pemakai teknologi saja akibatnya mental kita sekarang menjadi orang yang takut bersaing, rendah diri, kurang percaya diri, dan silau dengan keberhasilan bangsa lain. Dampak buruk yang diakibatkan oleh mental ini adalah budaya korupsi, sikap disiplin yang rendah, rasa malas, kurang produktif, dan boros. Karakter bangsa yang lemah seperti ini berdampak kepada kebijakan negara dalam berhadapan dengan arus globalisasi. Kita tidak mampu mengambil sikap tegas dan memilih terus bergantung kepada Negara maju alias NYUSU TERUS tidak berusaha secara maksimal mengembangkan kemampuan rakyat untuk membangun teknologi Negara yang maju. Akibatnya anak-anak kita menjadi kurang mampu bersaing dalam DUNIA INFORMASI. Membangun kemandirian bangsa juga berarti kita perlu meningkatkan integritas dan kapabilitas bangsa dalam mengembangkan teknologi khusunya software komputer yaitu kita harus bertumpu kepada kemampuannya sendiri.

Kegiatan pendidikan merupakan salah satu strategi penting dalam membangun kapabilitas anak-anak dalam meningkatkan produktivitas dan kemampuan bersaing dengan bangsa lain. Jika sekolah-sekolah sudah menerapkan open source sortware secara tidak langsung kita sudah memberikan pelajan tentang bagai mana kita bisa menghargai karya orang lain.

Salah satu agenda besar bangsa Indonesia di masa mendatang adalah bagaimana mengurangi ketergantungan pada luar negeri. Masalahnya, ketergantungan yang memperluas globalisasi tersebut justru menimbulkan kepincangan dunia. Pasar bebas yang diteriakkan dunia justru semakin kuat mencengkeram negara berkembang dan memperkuat negara maju. Dari uraian di atas, kita menyadari bahwa negara kita masih lemah dalam penguasaan teknologi. Dalam setiap periode pemerintahan, teknologi seringkali dipandang sebelah mata. Tetapi saya bangga mulai 4 tahun yang lalu pemerntah sudah mulai mendukung dan menyuarakan tentang IGOS summit 1 dan besok pada tanggal 27-28 Mei 2008 pemerintah semakin mantap mendukung program open source software dengan akan di adakanya IGOS summit 2 terima kasih pemerintah.

Secara kualitas SDM, bangsa kita memiliki banyak tenaga ahli. Mereka aset-aset bertebaran, dan seringkali direkrut oleh perusahaan asing di dalam dan di luar negeri. Belum lagi beberapa tahun terakhir, beberapa anak bangsa sering menjuarai kompetisi ilmiah internasioanal, seperti olimpiade fisika dan kimia. Ini menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia ini mempunyai SDM yang berkualitas tinggi, contoh kongkrit banyak anak-anak Indonesia yang menjadi HACKER.

BANGSA INDONESIA HARUS PERCAYA DIRI

Kini saatnya kita mulai MEMAKAI PROGRAM OPEN SOURCE SOFTWARE. Teknologi sangat berperan terhadap kemajuan suatu bangsa, jangan sampai 200 juta rakyat Indonesia hanya menjadi PENONTON. Kita harus berani memastikan bahwa kita akan menjadi PEMAINNYA.

MERDEKA MERDEKA …

KITA HARUS MENJADI NEGARA PEMENANG

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: