Diabetes dan penyembuhannya

November 2, 2007 pukul 10:24 am | Ditulis dalam Kesehatan, Tianshi | 12 Komentar

Begitu seseorang divonis menderita diabetes, itu berarti sudah saatnya ada titik balik perubahan gaya hidupnya. Pengendalian faktor resiko merupakan kunci utama. Tanpa perbaikan pola hidup diimbangi dengan pengobatan, berbagai komplikasi penyakit lain akan mengancam.

Diabetes (kencing manis) adalah penyakit di mana tubuh penderitanya tidak bisa mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Jadi penderita mengalami gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh sehingga tubuh tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tidak mampu menggunakan insulin secara efektif. Akibatnya, terjadi kelebihan gula di dalam darah tersebut melimpah ke sistem urine.

Gangguan insulin berakibat pada berlebihannya kadar lemak di pembuluh darah dab berisiko tinggi menimbulkan kecacatan karena bagian tubuh yang luka mudah terinfeksi. Diabetes juga bisa menimbulkan pengerasan pembulu darah arteri serta memunculkan komplikasi penyakit lain seperti jantung koroner, stroke dan gagal ginjal.

Selama ini dikenal ada dua jenis diabetes dengan perbedaan menyolok, yakni diabetes tipe I yang tergantung sepenuhnya pada insulin dan diabetes tipe II yang masih bisa dibantu dengan obat-obatan lain. Tipe II mencakup 99 persen dari kasus diabetes dan umumnya penderita kelebihan berat badan (obesitas)

Penderita diabetes tipe I mengalami gejala antara lain sering lapar, buang air kecil, terus lapar dan haus, berat badan turun, kelelahan, penglihatan kabur, infeksi pada kulit yang berulang, menibngkatnya kadar gula dalam darah dan air seni. Diabetes jenis ini cenderung terjadi pada mereka yang berusia di bawah 20 tahun. Gejala ini mirip dengan tahap awal diabetes tipe II yang biasanya terjadi pada usia di atas 40 tahun, tetapi kini prevalensinya makin tinggi pada golongan anak-anak dan remaja.

Maka kita perlu mewaspadai gejala lain yang khas dijumpai pada penderita diabetes, yakni air seni penderita akan dikerumuti semut jika glukosa darah sudah tumbuh ke saluran urine. Gejala lain yang timbul pada penderita antara lain penglihatan kabur hingga mengakibatkan kebutaan, luka yang lama sembuh, kaki terasa kebas, geli atau merasa terbakar, infeksi jamur pada saluran reproduksi perempuan dan impoten pada pria.

Penyebab gaya hidup; pola makan, kurang gerak,stres, kelainan genetika

Pencegahan; Pola makan yang seimbang, hindari makan yang banyak mengandung protein, gula, garam; gerak badan yang cukup; periksakan kadar gula secara rutin.

Terapi dan pengobatan;

  1. Minum Kalsium 2 (Hyperglycemia High Calcium Powder) dari tianshi : untuk memenuhi kalsium pankreas dan mengaktifkan kerja organ pankreas untuk menyembuhkan diabetes.
  2. Cordyceps; melindungi organ ginjal, paru-paru, hati dan jantung dari kerusakan akibat dibabetes dan juga meningkatkan kerja organ tubuh lainnya untuk mempercepat penyembuhan diabetes.
  3. Chitosan untuk diminum dan ditaburkan secukupnya pada yang luka; mempercepat pemyembuhan luka dan mencegah luka menjadi borok.
  4. Zinc; menghasilkan hormon untuk memperbaiki metabolisme tubuh sehingga membantu proses penyembuhan diabetes.
About these ads

12 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. saya mau tanya, apa bedanya penyakit diabet basah dan diabet kering ? karena istri saya terkena penyakit diabet cek gula darah 350 setalah makan 2 jam, puasa 250. tapi jika luka cepat sembuh, dan tidak mengalami penurunan berat badan, memang sering kencing, sy sudah konsul ke dokter dan di kasih obat glukopac & daunil 1 kali sehari dan kadar gula naik turun tergantung makanan.

  2. Dalam dunia kedokteran istilah diabetes basah dan diabetes kering tidak dikenal tetapi kedokteran lebih mengenal diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Tetapi pengalaman dari orangtua saya, ternyata ada orang kena diabetes badannya tetap gemuk tidak ada tanda-tanda diabetes tetapi gulanya tinggi, tetapi ibu saya kena diabetes badannya sempat kurus kering tinggal tulang saja. Dengan rajin terapi minum kalsium,cordycep dari tiansi dan olah raga rutin sekarang badanya sudah kembali pulih dan gulanya setabil. Kunci terapi diabetes salah satunya tidak boleh setres, pencernaan (BAB) harus bagus dan mau merubah pola hidup sehat.

  3. Bisakah mengukur kadar gula darah tanpa melalui media darah? Apa teknologinya? Terimakasih

  4. assalamu’aliakum.maaf saya mau tanya, ibu pacar saya menderita diabets basah.dan kakinya sudah ada boroknya, dan borok itu sudah ada nananya.dok aku dah beri mahkota dewa kering untuk dijadikan obat,apakah itu boleh?…. dok katanya mahkota dewa itu mampu mengobati deabetes! mohon dikirim ke alamat email saya (agusvirgo@yahoo.com)terimakasih

  5. Pak agus,

    Kalau bawa kedokter, kemungkinan besar usulannya diamputasi atau diangkat bagian yg borok (Yang bisa memicu terjadinya infeksi lanjutan). Saran saya coba kunjungi yayasan ini, sebagai informasi bapak saya juga kena diabetes sampai dengan 373, setelah sekian tahun mengobati dengan dokter, yang terjadi hanya bisa “menekan” gula darah sampai 200an, namun dengan mengkonsumsi obat”an dari yayasan… ternyata gula darah menurun sampai 122 setelah makan (test darah sewaktu-waktu)… dan pada waktu disana banyak yang bahkan sudah suntik insulin namun bisa berhenti… cara pengobatannya kebalikan dengan cara dokter… bahkan bapak saya disuruh berhenti mengkonsumsi obat dokter… justru gula-gula tropicana itu berbahaya…
    ini alamatnya (btw saya tidak ada hubungannya dengan yayasan rasutra, boleh dicoba…)

    YAYASAN DIABETES RASTURA JL,TEBET TIMUR DALAM RAYA NO 135 JAKARTA SELATAN Tel: 021-98495923 / 021-98495924 FAX: 021-8291219

  6. yth Bp.soegianto

    saya mau bertanya
    ke yayasan diabetes rastura itu berapa biayanya
    harus berapa kali berkunjung k tempat tersebut

    sebelum dan sesudahnya
    saya ucapkan banyak terimakasih

  7. dear pak agus,

    Tolong saran-saran dan bantuannya,
    Gula darah ibu saya mencapai 800mg/dl, selain di rawat inap apa saja yang harus dilakukan?khususnya untuk makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari dan juga makanan yang disarankan untuk penderita gula darah?komplikasi apa saja yang mungkin terjadi apabila gula darah telah mencapai 800mg/dl?
    Tolong balas ke email saya..novi_viper@yahoo.com

    Thanks

  8. Assalamualaikum Wr Wb
    Ibu saya ( 46th )penderita diabetes,beliau mengalami kecelakaan hingga kedua tulang betis sebelah kiri patah. selama 2 tahun terakhir karena alasan biaya hanya menjalani terapi pengobatan alternatif ( pijat, sangkal putung )tetapi tidak juga tulang tersebut bisa menyambung. Hingga saya putuskan untuk pergi ke dokter spesialis ortopedi, karena DB yg tinggi ( 342 ) dokter internist memberikan terapi obat oral saja. DB terakhir menurun hingga 240.
    Mohon saran alternatif agar DB Ibu saya bisa segera turun dan segera bisa di operasi ( limit dari Dokter 140 )sebab harga obat yang sedang Ibu saya konsumsi sangat mahal untuk ukuran kami.
    sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih,
    wassalam..( bee_utomo@yahoo.com )

  9. bah, gw pikir beneran..
    gak taunya dagang MLM

  10. Assalamualaikum, wr, wb.
    Ayah saya sudah hampir 10 tahun menderita diabetes dan keadaannya sehat-sehat saja, tidak terlihat kurus. namun baru bulan januari 2010 kemarin kakinya mulai borok, setelah dibawa ke dokter RSU lebih kurang perawatan selama 3 minggu dirumah sakit, kaki yg borok di amputasi bagian jempol kakinya saja (kebetulan yg borok bagian jempolnya saja). selama pengobatan di Rmh sakit dokter yg menangani 2 orang, spesialis penyakit dalam dan spesialis bedah. namun setelah operasi hingga sekarang (hampir 1 bulan) bekas operasinya belum juga kering, bahkan terlihat semakin bengkak seperti kondisi pertama kena borok.
    atas penjelasan bapak, sebelumnya saya ucapkan terima kasih. mohon balasan ke email saya.

  11. assalamualaikum,
    nenek saya punya diabet dan dia selalu nonton filmnya klo ga slh di metro,
    nenek saya tertarik dan saya di suruh beliau untuk mencari informasi tentang pengobatan di rastura.
    saya berkali-kali mencari informasi di internet tapi yang ada hanya sedikit informasi yang saya dapatkan.
    dan saya ingin menanyai tentang :
    (bagaimana cara terapinya, cara daftarnya, obat-obat apa saja yang di gunakann, jadwal perakteknya).
    dan biayanya berapa sekali pertemuan, dan obatnya mahal atau tidak sekitar berapa?

  12. ass…..

    ibu sya mnderita diebetes mncpai 210 mg, kira” mana lbh baguz menkonsumsi bt dkter atau dr tiansi atau clorofil atau scra alami.
    terima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: